To be in your child’s memories tomorrow, be in his life today 5

To be in your child’s memories tomorrow, be in his life todayAnonymous

Yogyakarta.
Tinggal di Yogya dari kelas 2 SD sampai akhirnya merantau ke Jakarta untuk kuliah dan bekerja. Dan Yogya memang kota kelahiran ayah saya, tempat tinggal keluarga besar saya.

Jadi, bolak balik Yogya adalah hal yang biasa bagi saya. Namun yang berbeda di liburan akhir tahun 2016 kemarin adalah saya memutuskan untuk mengajak anak saya mengeksplorasi berbagai tempat wisata di Yogya. Salah satunya adalah Lava Tour Merapi.

Kenapa saya pilih wisata ini?
1. Saya lebih suka anak main di luar (alam) daripada di mall.
2. Anak saya laki-laki dan saya pikir sebagai anak laki-laki dia harus berani berpetualang, dan ya harus lebih banyak main di alam.
3. Sebelumnya dia sudah pernah ke museum gunung Merapi dan tau cerita tentang Merapi, dia juga tertarik dengan ceritanya. Jadi saya pikir dia akan suka Lava Tour Merapi ini.
4. Dia suka sekali dengan berbagai hal tentang tentara, dan melihat Jeep warna hijau army yang digunakan dalam Lava Tour ini, langsung membuat anak saya semangat untuk mencoba. Dan
5. Saya ingin mengajak anak saya main air di Kali Kuning, dan tempat ini ada dalam rangkaian Lava Tour Merapi. (jujur saja, karena hari sebelumnya saya nekat mengajak Malka mencari Kali Kuning bertiga dengan teman tapi tidak ketemu dan malah nyasar ke Kali Adem, jadi saya ingin menebusnya di tour ini)

Ok. Lava Tour yang saya ambil adalah yang short trip selama 2 jam . Saya ambil trip pagi jam 7. Jadi, jam 6.30 pun saya dan Malka sudah sampai di tempat bertemu yang sudah ditentukan oleh operator Lava Tour.

Trip dimulai dengan menyusuri pedesaan yang terkena awan panas. Guide kami menunjukkan lahan yang penuh dengan pepohonan yang ternyata dulu adalah perkampungan tapi habis terkena awan panas. Kami juga sempat mampir ke sebuah rumah yang terkena awan panas. Rumah itu dijadikan semacam museum dengan tulisan “Omahku Memoriku”.

Di situ kami melihat sepeda motor, kursi, segala perabotan rumah tangga yang rusak bahkan tulang belulang sapi yang jadi korban awan panas.

Dari rumah itu, kami meneruskan tour dan diajak berhenti untuk foto-foto dengan latar belakang gunung merapi. Di tempat ini pun ada batu sangat besar yang kalau kita perhatikan, akan tampak seperti kepala orang, lengkap dengan wajahnya.

Setelahnya, kami menyusuri pedesaan lagi dan mampir di bunker Kaliadem. Tapi yang seru dari menyusuri pedesaan ini adalah sang guide yang mengemudikan jeep akan menantang kita untuk menyusuri jalan-jalan ekstrem. Jadi jeep pun jalan dalam keadaan miring, melibas bebatuan besar.

Saya sempat teriak-teriak ketawa heboh menutupi kepanikan di depan Malka merasakan sensasi jeep yang melewati jalan tanah saat mengalami understeer atau oversteer. Tapi ternyata Malka yang duduk di depan malah santai saja dan bahkan sangat senang dengan jeep yang ngebut dan berjalan layaknya offroader!

Sesampainya di bunker Kaliadem, dari cerita sang guide kami jadi tahu bahwa pernah ada relawan yang menjadi korban ketika berlindung di dalam bunker, saat Merapi meletus di tahun 2010 silam. Karena biasanya lahar panas tidak sampai di daerah bunker tapi ternyata saat itu lahar panas masuk ke area bunker.

Dan seperti dugaan saya, Malka mendengarkan cerita guide dengan serius bahkan sesekali bertanya ke guidenya. Pertanyaan sederhana tentang keadaan saat awan panas datang, tapi saya senang karena Malka enjoy dengan tour ini.

Dan akhirnya Tour Merapi ini ditutup dengan main air ke Kali Kuning. Tentunya harus siap basah ya kalau main ke Kali Kuning. Karena sang guide pun lagi-lagi mengajak kami untuk ngebut dengan jeep-nya. Tapi karena ngebut di sungai kecil, ya otomatis jadi ada hujan buatan, menambah keseruan. Saya dan Malka senaang sekali.

Dan setelah “atraksi” main di sungai dengan jeep, saya dan Malka pun turun main air ke sungai. Airnya dingin dan bersih. Rasanya mau main air terus! 😀

Liburan kali ini jadi sukses menambah pengalaman Malka untuk main di alam!
Ini adalah cerita yang akan saya dan Malka kenang, ini adalah cerita tentang bagaimana mengenalkan tentang alam dan budaya, tentang hidup yang diajarkan dan mengajarkan.

Malam jatuh dalam dinginnya udara kaliurang, Malka tertidur pulas dalam laju mobil yang melewati sendu dan kesahajaan utara kota. Bagi saya, Yogyakarta adalah kota tercinta, kota yang akan selalu jadi salah satu kota favorit saya sampai kapanpun.

By: Auxilia Paramitha

Highlight Info:
Paket Rute Pendek Merapi Lava Tour di Kaliurang.
(Kaliurang – Desa Tangkisan – Melewati makam masal, Tugu Ambruk kedai kopi merapi – Gumuk Ball- Desa Wisata petung, Museum Sisa harta, Menuju Desa jambu- Batu Wajah atau Batu alien dan Melihat Kali gendol dari atas, Menyusuri Hutan Soga menuju Kali adem- bungker kali adem-Bermain Air di Kali kuning.)