Sejatinya Empal Gentong 4


Untuk makan Empal Gentong, nggak perlu jauh-jauh ke Cirebon atau mencari resto spesialis makanan Cirebon. Cukup datang ke resepsi pernikahan sahabat atau kerabat, kemungkinan besar menu Empal Gentong tersedia di salah satu gubukan, hahahaha. Selama ini referensi makan Empal Gentong saya ya begitu, mostly dari gubukan prasmanan, serta sesekali makan di warung atau gerai Empal Gentong saat festival makanan.

Dari interaksi ini, saya punya penggambaran sendiri mengenai Empal Gentong: sejenis soto daging bersantan dengan aroma sedikit mirip jamu. Iya, mirip jamu karena bumbunya (kunyit?) yang kuat, dan nyaris selalu saya temukan baik di gubukan prasmanan maupun rumah makan yang mengaku asli Cirebon. Not my cup of tea, definitely. Semua berubah ketika negara api menyerang saya berkunjung ke Cirebon.

Empal Gentong asli itu seperti soto betawi: mulus, gurih dengan banyak kemiri, dan penuh citarasa dari bumbu-bumbu lainnya. Apalagi setelah ditambah bubuk cabe yang setia menanti di meja makan. Duh, rasanya kepingin tenggelam di dasar mangkuk dan ngga timbul lagi *lebay*. Serius, saya ngga berhenti menyendok kuahnya sampai habis, sesuatu yang ngga pernah saya lakukan di puluhan mangkok Empal Gentong yang pernah saya rasakan sebelumnya.

Empal Gentong itu memang salah satu makanan khas dari Cirebon yang terkenal, selain juga Nasi Jamblang, Nasi Lengko dll. Kalau di daerah lain Empal Gentong ini bisa disamakan dengan soto, soto yang bersantan. Namun Empal Gentong Krucuk menyediakan kuah bersantan encer dan kuah bening yang disebut Empal Asem, rasa asamnya sendiri diperoleh dari irisan belimbing wuluh. Apabila Kamu termasuk pencinta pedas, ada tambahan cabe bubuk merah yang bisa ditaburkan langsung ke empal gentong, walau namanya cuma bubuk, tapi jangan sampai kebanyakan dan merubah rasanya.

Buat saya, pertama kali makan Empal Gentong ya di Cirebon kemarin. Ancer-ancernya di dekat plang warna orange, tepat sebelah Bank BTN. Jangan lupa mampir ya.. Rekomen banget Empal Gentongnya. Titik! ๐Ÿ˜€

Empal gentong di Cirebon

Empal gentong Cirebon

Empal Gentong Krucuk
Jl. Slamet Riyadi no. 1, Cirebon

By: Dinda


Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 pemikiran di “Sejatinya Empal Gentong